DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS MASYARAKAT DI BANTARAN SUNGAI KELURAHAN ALALAK SELATAN
PENGARANG:MARTIYA ISTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-02


Martiya Istika, 2021. Aktivitas Masyarakat di Bantaran Sungai Kelurahan Alalak Selatan Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

Aktivitas sosial ekonomi tidak pernah terlepas dari kehidupan setiap masyarakat. Penggunaan aktivitas di kehidupan masyarakat masih sangat jarang dalam pembelajaran baik itu berupa foto atau video. Aktivitas dalam masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang bersifat kontekstual. Tujuan penelitian: 1). Mendeskripsikan aktivitas sosial ekonomi masyarakat di bantaran sungai Kelurahan Alalak Selatan. 2). Mendeskripsikan integrasi aktivitas sosial ekonomi masyarakat di bantaran sungai Kelurahan Alalak Selatan sebagai sumber belajar IPS

 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan mendeskripsikan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat di bantaran sungai sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke bantaran sungai Kelurahan Alalak Selatan, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan dan triangulasi (sumber, teknik, waktu). 

Hasil penelitian: 1). Aktivitas sosial ekonomi masyarakat di bantaran sungai Kelurahan Alalak Selatan masih memanfaatkan sungai dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, satu diantaranya yaitu dalam melakukan aktivitas rumah tangga di bantaran sungai seperti mencuci pakaian, mandi dan gotong royong, sedangkan aktivitas sosial ekonomi lainnya seperti berkumpul di warung dan pedagang pasar terapung yang terjadinya interaksi sosial antara penjual dan pembeli yang menciptakan kegiatan ekonomi jual beli antara pedagang dan pembeli dan kegiatan produksi industri pengolahan kayu yang tepat berdiri di bantaran sungai dan kegiatan ekonomi pengrajin tanggui dalam memproduksi suatu barang tradisional guna menghasilkan nilai jual. 2). Aktivitas sosial ekonomi masyarakat di bantaran sungai Kelurahan Alalak Selatan dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII pada materi interaksi sosial (pengertian interaksi sosial) dan kelas VII pada materi manusia tempat dan lingkungan (kondisi alam indonesia) dan materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup (kegiatan ekonomi) dengan tujuan agar peserta didik dapat menggali informasi lebih dalam dan potensi yang ada di lingkungannya.

Kata kunci: aktivitas, masyarakat bantaran sungai, sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI