DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN PPKN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI KELAS IX-D DI SMP NEGERI 25 BANJARMASIN
PENGARANG:ERIKA KUSMANAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-02


 

ABSTRAK

 

 

 

Erika Kusmana Putri, 2021. Implementasi kegiatan pembelajaran ppkn secara daring selama masa pendemi kelas IX-D di  SMP Negeri 25 Banjarmasin ,Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing (I) Harpani Matnuh, Pembimbing (II) Heru Puji Winarso

 

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaraan Daring, PPKn

 

 

 

Pembelajaran daring dapat diartikan sebagai sebuah interaksi antara pengajar dan pembelajar yang dibangun dalam jaringan melalui komputer atau alat elektronik lain. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 maka pembelajaran daring dijadikan solusi untuk mengganti sistem pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah SMP Negeri 25 Banjarmasin.

 

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik penentuan sumber data dilakukan secara snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukakn dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Rijali yaitu pengumpulan data, pemilihan data, dan penampilan data, serta menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaraan daring masih mengalami banyak hambatan dari guru maupun siswa, hambatan yang dialami guru PPKn yaitu kurangnya penguasaan terhadap IT, Kurang dapat memantau secara langsung perkembangan siswa dan jarang terjadi jalinan komunikasi antar guru dan siswa jalinan komunikas antar guru dan siswa. Hambatan yang dialami siswa yaitu, terkendala oleh media komunikasi seperti handphone, seringnya terjadi gangguan koneksi internet dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi siswa yang terkendala karena tidak memiliki fasilitas sendiri, seperti handphone dapat menggunakan ruang lab komputer sebagai tempat untuk belajar serta perlu ditingkatkan kemampuan guru dalam mengaplikasikan IT, melalui workshop pembelajaran daring.

 

.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI