DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru
PENGARANG:REVHANIA RIZKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-02


 

Revhania Rizky. 1710413220025. Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru. Di bawah bimbingan Muhammad Najeri Al Syahrin.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program bantuan sosial tunai dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas program menurut Edy Sutrisno yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Indikator yang digunakan adalah pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata.

Berdasarkan dari hasil penelitian program Bantuan Sosial Tunai menunjukan bahwa efektivitas program ini belum berjalan dengan efektif. Berdasarkan indikator efektivitas menurut Edy Sutrisno menunjukan bahwa pemahaman program mencapai persentase 53%, tepat waktu 47%, tercapainya tujuan 62%, dan perubahan nyata 53%. Sedangkan untuk indikator tepat sasaran masuk dalam kategori efektif dengan persentase 76%. Permasalahan yang terjadi di lapangan yang paling dominan adalah masalah tepat waktu, masyarakat mengeluh atas keterlambatan pembagian bantuan yang di mana setelah 3 bulan baru dibagikan, hal ini membuat masyarakat susah untuk memenuhi kebutuhan sehari- harinya. Tanggungan yang perlu di biayai untuk masing-masing keluarga terbilang banyak ada yang memiliki anak banyak, ada yang sedang hamil, dan ada orang tua yang sudah berumur (lansia). Selain itu, mayoritas masyarakat di sini pekerjaannya adalah petani dan pedagang yang di mana pemasukan yang di dapat berkurang drastis akibat Covid-19 walaupun keadaan saat ini sudah mulai membaik mereka mengaku pendapatan masih terbilang kurang dibanding sebelum adanya pandemi Covid-19.

Perlu adanya perhatian dari Pemerintah Kota Banjarbaru untuk melaksanakan monitoring secara langsung terhadap program Bantuan Sosial Tunai baik dalam tahap sosialisasi, pelaksanaan, hingga evaluasi program. Selain itu, perlu ketepatan waktu untuk pembagian bantuan sosial tunai disetiap bulannya agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. Kepada masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan dan memanajemen bantuan sosial tunai dengan baik sesuai dengan tujuan program Bantuan Sosial Tunai.

Kata Kunci: Efektivitas, Bantuan Sosial Tunai, Kebutuhan Dasar Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI