DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS POKDARWIS CERIA KELURAHAN BANUA ANYAR DALAM PENINGKATAN WISATA KULINER SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SRI NURYATIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-02


Sri Nuryatin. 2021.Aktivitas Pokdarwis Ceria Dalam Peningkatan Wisata Kuliner Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Peningkatan wisata khususnya kawasan wisata kuliner Kelurahan Banua Anyar tidak terlepas dari peran masyarakat dan pemerintah desa yang mana dikelola oleh pihak terkait yaitu kelompok sadar wisata yang biasa di sebut Pokdarwis. Tuntutan kurikulum membuat guru berusaha memanfaatkan sumber lokal sebagai sumber belajar. Materi pembelajaran IPS dapat diambil dari kehidupan nyata di lingkungan masyarakat, aktivitas Pokdarwis memuat materi mengenai interaksi sosial dan lembaga sosial sehingga aktivitas Pokdarwis kemudian dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan profil terbentuknya PokdarwisCeria. 2) Mendeskripsikan aktivitas Pokdarwis Ceria dalam meningkatkan wisata kuliner. 3) Mendeskripsikan aktivitas Pokdarwis Ceria dapat dijadikan sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian untuk menggambarkan aktivitas kelompok sadar wisata secara holistik. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas kelompok sadar wisata, wawancara dengan pengelola Pokdarwis, pemilik warung makan kuliner, guru IPS dan dokumentasi berupa rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata yang dilengkapi tabel dan gambar, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa:1) Terbentuknya Pokdarwis Ceria merupakan satu diantara beberapa bentuk kelembagaan informal yang dibentuk oleh masyarakat yang memiliki kepedulian dalam mengembangkan dan meningkatkan kepariwisataan di Kelurahan Banua Anyar. Pengurus dan anggota dari Pokdarwis Ceria terdiri dari kalangan bapak-bapak, ibu-ibu maupun pemuda. Visi Pokdarwis Ceria yaitu Berkarya, Berkreasi, Berprestasi, Berilmu, dan Berakhlak Mulia sedangkan MisiPokdarwis) Ceria yaitu terwujudnya Banua Anyar satu visi satu tujuan membangun dan menata destinasi wisata yang maju. 2) Aktivitas Pokdarwis bagi kawasan wisata kuliner tidak terlalu fokus pada wisata kuliner, sehingga peningkatan wisata oleh pokdarwis dilakukan melalui gotong royong sekaligus mempercantik sungai dengan pembuatan rumah pohon, aktivitas selanjutnya yaitu pasar wadai ramadhan, dan rapat bulanan. 3) Aktivitas Pokdarwis Ceria dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran IPS yaitu sebagai sumber belajar IPS kelas VII semester I pada materi ajar tentang interaksi sosial (pengertian dan syarat) serta lembaga sosial (pengertian dan jenis) dengan tujuan agar peserta didik dapat menggali informasi dan potensi yang ada di lingkungannya.

 

Kata Kunci: Pokdarwis,Wisata Kuliner, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI