DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII POKOK BAHASAN GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
PENGARANG:HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-03


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan desain eksperimen The One Group Pretest Postest. Subyek penelitian pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah kelas VIII E sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji t sig (0,000) < α = 0,05.

 

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI