DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI EKONOMI AKTIVITAS BUDIDAYA IKAN KERAMBA JARING APUNG DI KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:Hendry Alfiani Ari Sandi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-03


Alfiani Hendry, AS. 2021. Nilai Ekonomi Aktivitas  Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung Di kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS . Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M. Pd dan pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Dinamika ekonomi yang terjadi saat ini semakin sulit untuk diprediksi yang berimplikasi terhadap ekonomi, khususnya kemiskinan. Kemiskinan dinyatakan sebagai ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan secara dasar dan sosial. Dalam upaya eliminasi kemiskinan, diperlukan suatu SDM unggul, berkompeten serta berpengalaman guna meningkatkan aktivitas  ekonomi diberbagai aspek. Melalui aktivitas  ekonomi roda kemiskinan berupaya untuk ditekan dan mewujudkan tujuan bersama satu diantaranya sebagai sumber belajar IPS berupa penekanan rasa sadar dan peduli terhadap masyarakat. Studi ini dilakukan bertujuan untuk 1) menjelaskan aktivitas  ekonomi budidaya keramba jaring apung di Kelurahan Banua Anyar; 2) menjelaskan aktivitas  ekonomi budidaya keramba jaring apung di Kelurahan Banua Anyar; dan 3) menjelaskan manfaat  nilai ekonomi pada aktivitas  budidaya ikan keramba jaring apung sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang berupaya menggambarkan aktivitas  budidaya ikan keramba jaring apung di Kelurahan Banua Anyar. Hasil mengungkapkan 1) Aktivitas  budidaya ikan keramba jaring apung merupakan aktivitas  membibitkan, memelihara, memanen produksi ikan keramba jaring apung selanjutnya didistribusikan melalui distributor menuju pasar hingga sampai ketangan konsumen; 2) Nilai ekonomi budidaya ikan keramba jaring apung tergambarkan pada tiga kategori bentuk yakni sosial, partisipasi, dan pantang menyerah; 3) manfaat nilai ekonomi yang diperoleh yakni sebagai sumber belajar IPS yang diimplementasikan pada aktivitas  materi ekonomi kelas VII. Dalam hal ini dijadikan percontohan produksi, distribusi dan konsumsi. Simpulan dari penelitian ini adalah pembudidaya  ikan keramba jaring apungmemanfaatkan ketersediaan sungai sebagai indikator utama dalam penyelenggaraan budidaya ikan keramba jaring apung untuk penyediaan ikan. Adanya aktivitas dan nilai  yang dijalankan serta mampu digunakan sebagai sumber belajar IPS.

Kata Kunci : Aktivitas  ekonomi, nilai ekonomi, sumber belajar IPS

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI