DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DAN KONTROL DIRI DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMP NEGERI 33 BANJARMASIN
PENGARANG:FATHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-04


Keterampilan sosial dan kontrol diri merupakan kemampuan yang diperlukan siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Siswa yang memiliki keterampilan sosial dan kontrol diri yang baik akan membuatnya dapat diterima oleh teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dan kontrol diri dengan penerimaan teman sebaya pada siswa SMP Negeri 33 Banjarmasin. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi.  Alat pengumpul data menggunakan angket tertutup dengan skala likert berbentuk checklist melalui google form dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Jumlah populasi 513 orang dan sampel 225 orang dengan teknik analisis data yaitu statistik deskriptif, korelasi pearson product moment, dan korelasi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara X1, X2, dan Y yang menunjukkan bahwa Sig. F Change <0,05. Maka hipotesis altematif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa ada hubungan antara keterampilan sosial dan kontrol diri dengan penerimaan teman sebaya. Hal tersebut berarti semakin tinggi keterampilan sosial dan kontrol diri, maka semakin tinggi pula penerimaan teman sebaya.

 Peneliti menyarankan guru BK dapat melaksanakan program BK yang dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kontrol diri seperti bimbingan kelompok. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan lebih luas mengenai variabel keterampilan sosial dan kontrol diri dengan penerimaan teman sebaya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI