DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM MEMILIKI PERILAKU YANG MENCERMINKAN SIKAP SANTUN KEPADA ORANG YANG LEBIH TUA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA KELOMPOK B PAUD TERPADU UMA KANDUNG BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-04


Rahmah. 2020. Mengembangkan kemampuan Sosial Emosional Anak dalam Memiliki Perilaku Yang Mencerminkan Sikap Santun Kepada Orang Yang Lebih Tua Menggunakan Kombinasi Model Examples Non Examples Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Pada Kelompok B Paud Terpadu Uma Kandung Banjarmasin. Skripsi $1 PG-PAUD Unlam Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayani, S.Psi. M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Capaian Perkembangan Kemampuan, media boneka jari. Examples Non Examples, metode bercerita

Permasalahan yang terjadi pada kelompok B di PAUD Terpadu Uma Kandung, beberapa anak masih belum bisa menunjukkan sikap santun kepada orang tua. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan kemampuan anak untuk memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sopan terhadap orang tua dengan menggunakan kombinasi antara lain contoh metode bercerita dengan boneka jari pada kelompok S PAUD. Terpadu Uma Kandung Banjarmasin.

 

Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setting penelitian pada anak kelompok B Paud Terpadu Uma Kandung dengan jumlah anak 23 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan anak bserta rubriknya masing-masing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat pada siklus II dengan skor 36 kategori sangat baik. Aktivitas pada siklus II aktivitas anak meningkat dengan kategori sangat aktif. Hasil pencapaian pengembangan telah berhasil dengan kategori (BSH).

 

Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan Tindakan dengan menggunakan kombinasi Model Examples Non Examples Metode Bercerita dengan media boneka jari dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak. Saran bagi guru agar menerapkan pembelajaran yang lebih bervariasi, bagi kepala sekolah dapat dijadikan bahan masukan dan informasi yang berguna untuk perbaikan pembelajaran, bagi peneliti dapat memberi pengetahuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI