DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Perempuan Madura dalam Cerpen-Cerpen Karya Muna Masyari
PENGARANG:Silvia Risma Elpariani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-08


Representasi perempuan Madura dalam masyarakat yang patriarkis digambarkan dengan jelas dalam cerpen Muna Masyari. Representasi yang dilakukan menampilkan perempuan Madura yang terkena dampak patriarki atau perempuan Madura yang melakukan perlawanan terhadap patriarki. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti representasi perempuan Madura dalam cerpen-cerpen karya Muna Masyari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggambaran perempuan Madura yang ditampilkan dalam cerpen serta hubungannya dengan kelas sosial dan feminitas.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif feminis dengan kajian postmodern feminism. Sumber data berasal dari kumpulan cerpen Martabat Kematian dan kumpulan cerpen Rokat Tase’ karya Muna Masyari. Data yang dikumpulkan berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung informasi penggambaran perempuan Madura. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Data dianalisis dengan pendekatan kritik sastra feminis aliran perempuan sebagai pembaca.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi perempuan Madura dalam ruang domestik dan ruang publik memperlihatkan ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender serta perlawanan perempuan Madura terhadap ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender. Representasi perempuan Madura dalam ruang domestik dan ruang publik menunjukkan bahwa patriarki terjadi di kelas sosial bawah, kelas sosial menengah, dan kelas sosial atas. Feminitas pada ketiga kelas tersebut kurang lebih sama karena pandangan masyarakat terhadap perempuan tidak hanya berlaku bagi satu kelas, tetapi berlaku pada setiap kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI