DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGELOLAAN PARIWISATA PANTAI RINDU ALAM DI KABUPATEN TANAH BUMBU - KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:YANUAR SILVANTONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-08


Yanuar Silvantono, 2021. Strategi Pengelolaan Pariwisata Pantai Di Kabupaten Tanah Bumbu - Kalimantan Selatan. Pembimbing I : Andi Tenri Sompadan Pembimbing II : Muhammad Riduansyah Syafari

 

Penelitian ini dilakukan bertujuan : (1)Untuk menganalisis strategi pengelolaan pariwisata pantai di Kabupaten Tanah Bumbu. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi kendala pengelolaan pariwisata pantai  di Kabupaten Tanah Bumbu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulan data dalam penelitian, perlu dilakukan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang ada. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Berdasarkanhasilobservasidanpenelitiansecarakeseluruhanmaka strategi pengelolaan wisata pantai di  Kabupaten Tanah Bumbu pada dasarnya telah dilaksanakan secara maksimal karena merupakan bagian dari pentingnya industri wisata. Pada objek wisata pantai Rindu Alam bagi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Bumbu dinilai dan dikelola secara terpadu sebagai destinasi pariwisata unggulan daerah. (2) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pengelolaan pariwisata pantai  di Kabupaten Tanah Bumbudiantaranya: (a) anggaran yang dikeluarkan untuk pengelolaan wisata pantai di Kabupaten Tanah Bumbu belum diprogramkan karena dianggap secara alamiah karena kehidupan dan budaya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yang tidak terlepas dari air dan  pesisir pantai, (b) dampak kegiatan usaha di  Pengelolaan wisata pantai di  Kabupaten Tanah Bumbu belum diperhitungkan dampaknya  serta (c) koordinasi yang lemah, sehingga belum dapat meningkatkan kerjasama untuk melakukan pengembangan termasuk sarana penunjang yang membantu kegiatan belum begitu memadai.

Saranpenelitian adalah (1) UntukPihakpemerintah Kabupaten Tanah BumbusebaiknyamelakukanInovasidiBidangPariwisata seperti Tour de Tourism di Pantai Rindu Alam di Kabupaten Tanah Bumbu demgan menyediakanWebsite Pariwisata guna kemudahan mengakses lokasi-lokasi wisata. (2) BerkoordinasidanmenekanpemerintahKabupaten/Kotauntukmembangun maupun memperbaiki sarana dan infrastruktur.

 

Kata Kunci  :  Strategi, Pengelolaan, Wisata Pantai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI