DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI PADA AKUN INSTAGRAM @cakbudi_official DALAM MELAKUKAN GERAKAN SOSIAL UNTUK MENARIK PARTISIPASI KHALAYAK DI MEDIA SOSIAL
PENGARANG:LIA YULISMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-09


Lia Yulismawati, D1C115215, 2021. STRATEGI KOMUNIKASI PADA AKUN INSTAGRAM @cakbudi_official DALAM MELAKUKAN GERAKAN SOSIAL UNTUK MENARIK PARTISIPASI KHALAYAK DI MEDIA SOSIAL.Dibimbing Oleh Dr.H.Bachruddin Ali Akhmad, M.Si. Achmad Bayu Chandrabuwono, S.I.Kom, M.A.

Gerakan Sosial pada saat ini sudah bisa dilakukan melalui media sosial. Gerakan ini untuk mencari kegiatan yang baik dan membantu orang-orang yang membutuhkan, salah satu nya adalah gerakan sosial kemanusiaan untuk membantu para Dhuafa Lansia dan orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Gerakan sosial ini dilakukan oleh Cak Budi lewat akun instagram nya di @cakbudi_official. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pada Akun Instagram @cakbudi_official Dalam Mendapatkan Partisipasi Dengan  Khalayak.

Pendekatan penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Instagram @cakbudi_official dengan informan Bapak Budi Utomo, Ibu Lina sebagai informan kunci. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Strategi komunikasi yang digunakan oleh akun Instagram @cakbudi_official adalah  dengan cara menetapkan komunikator, yaitu Bapak Budi Utomo selaku pemilik akun Instagram tersebut. Kemudian ditetapkan target sasaran yaitu masyarakat umum khususnya followers Instagram. Setelah itu dilakukan penyusunan pesan, yaitu dengan cara membagikan pesan melalui foto, video serta caption yang diunggah pada akun Instagram. Kemudian dilakukan pemilihan media dan saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan tersebut, yaitu melalui media sosial Instagram. Partisipasi khalayak tethadap Instagram @cabudi_official, setelah melihat postingan-postingan yang ada pada akun tersebut, khalayak ikut berpatisipasi dengan cara membagikan postingan-postingan kegiatan sosial yang ada pada akun tersebut, serta ada beberapa yang menjadi donator untuk kegiatan sosial pada akun @cakbudi_official.

Kata Kunci      : Strategi Komunikasi, Partisipasi Khalayak, Media Sosial, Instagram

 

Lia Yulismawati, D1C115215, 2021. COMMUNICATION STRATEGY ON INSTAGRAM ACCOUNT @cakbudi_official IN CONDUCTING SOCIAL MOVEMENTS TO ATTRACT AUDIENCE PARTICIPATION IN SOCIAL MEDIA. Supervised by Dr. H. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si. Achmad Bayu Chandrabuwono, S.I.Kom, M.A.

Social movement at this time can be done through social media. This movement is to seek good activities and help people in need, one of which is a humanitarian social movement to help elderly Dhuafa and people around who are in need. This social movement was carried out by Cak Budi through his Instagram account @cakbudi_official. The purpose of this study was to determine the communication strategy on @cakbudi_official Instagram accounts in gaining participation with audiences.

This research approach uses qualitative methods with descriptive research type. This research was conducted on Instagram @cakbudi_official with the informant Mr. Budi Utomo, Mrs. Lina as key informants. Observation data collection techniques, interviews and documentation.

The results showed that the communication strategy used by the @cakbudi_official Instagram account was by establishing a communicator, namely Mr. Budi Utomo as the owner of the Instagram account. Then set the target, namely the general public, especially Instagram followers. After that, the compilation of messages is carried out, namely by sharing messages through photos, videos and captions uploaded to the Instagram account. Then the media and communication channels were selected to convey the message, namely through Instagram social media. Audience participation towards Instagram @cabudi_official, after seeing the posts on the account, the audience participated by sharing posts on social activities on the account, and there are some who become donors for social activities on the @cakbudi_official account.

Keywords: Communication Strategy, Audience Participation, Social Media, Instagram

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI