DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA BANGKILING RAYA KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:ZAINUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-09


ABSTRAK

 

Zainudin 2021 “Partisipasi masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Bangkiling Raya Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Gazali Rahman, S.Sos, M.Si  selaku Pembimbing I.

Penelitian dilakukan dalam hal pencapaian tujuan khususnya bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di desa Bangkiling Raya Banua Lawas Kabupaten Tabalong dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Pencapaian tujuan penelitian berupa pengumpulan data dan fakta partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Desa Bangkiling Raya Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong dalam hal ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu keterwakilan berdasarkan data dan fakta yang ditemukan di lapangan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Bangkiling Raya Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari Pengambilan keputusan, masyarakat aktif ikut serta dalam pengambilan keputusan agar pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Partisipasi dalam pelaksanaan, masyarakat terlibat secara langsung dalam pembangunan. Partisipasi dalam pengambilan manfaat, mengenai pengambilan manfaat yaitu menjaga dan memelihara setiap pembangunan yang ada. Hal ini masih dilakukan atas kesadaran diri sendiri, belum ada aturan yang mengatur sehingga pembangunan tidak bertahan lamaatau rusak. Partisipasi dalam evaluasi, masyarakat mengawasi pembangunan agar tidak ada penyelewengan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu kesadaran dan kesibukkan, pekerjaan dan penghasilan serta pendidikan.

Pemerintah desa perlu transparan mengenai anggaran dalam. penyelenggaraan pemerintahan desa agar masyarakat mengetahui dan ikut memantau pembangunan.

 

Kata kunci:  Partisipasi, Masyarakat, Pembangunan Infrastruktur Desa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI