DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL REACT MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
PENGARANG:NURUL LAILIAH IRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-10


Telah dilaksanakan penelitian dengan penerapan model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring)  melalui google classsroom materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) keterampilan proses sains, (2) motivasi belajar, dan (3) hasil belajar pengetahuan peserta didik sesudah diterapkannya model pembelajaran REACT melalui google classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-post-test dengan pemilihan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 12 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, perbedaan nilai pre-test dan post-test (1) keterampilan proses sains 38,27 dan 73,02 (2) motivasi belajar 59,18 dan 78,49 (3) hasil belajar pengetahuan 43,14 dan 85,14. Dari analisis menggunakan N-gain hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan (1) keterampilan proses sains sesudah diterapkannya model pembelajaran REACT melalui google classroom dengan N-gain 0,55 kategori sedang, (2) motivasi belajar sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran REACT melalui google classroom dengan N-gain 0,46  kategori sedang, dan (3) hasil belajar pengetahuan peserta didik sesudah diterapkannya model pembelajaran REACT melalui google classroom dengan N-gain 0,72 kategori tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI