DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA TRANSPORTASI AIR (KLOTOK) SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN KELUARGA PADA MASYARAKAT BANJARMASIN
PENGARANG:Wanda Aprilla
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-10


Pada saat ini penggunaan transportasi khususnya klotok di Banjarmasin mengalami penurunan ditengah masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya persaingan dengan transportasi darat yang mengakibatkan terjadinya penurunan eksistensi dan fungsi dari klotok dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan eksistensi transportasi air (klotok) bagi masyarakat di Banjarmasin, 2) Mendeskripsikan usaha transportasi air (klotok) sebagai sumber pendapatan keluarga pada masyarakat Banjarmasin.

Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke lokasi penelitian, wawancara dengan narasumber yaitu Ketua Pengurus Dermaga Klotok Trisakti, Pemilik Klotok, dan para penumpang atau pelanggan dari klotok serta melakukan dokumentasi saat observasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang membuat pedoman observasi dan pedoman wawancara serta penentuan narasumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Eksistensi transportasi klotok bagi masyarakat di Banjarmasin mengalami penurunan akibat adanya persaingan dengan transportasi daratan saat ini. Penurunan jumlah angkutan sungai khususnya klotok di Dermaga Klotok Trisakti terjadi karena beberapa pemilik klotok memilih menjalani pekerjaan lain selain daripada menjadi penyedia jasa transportasi klotok. Terdapat perubahan tingkat penumpang dari awal berdirinya Dermaga Klotok Trisakti hingga saat ini yang berdampak pada para pendapatan pemilik klotok. 2) Usaha transportasi air (klotok) memberikan kontribusi sebagai sumber pendapatan keluarga pada masyarakat di Banjarmasin. Melalui pemanfaatan klotok yang dimiliki masyarakat yang dijadikan alat transportasi untuk penyediaan jasa angkutan umum sebagai sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga para pemilik klotok.

Kata kunci : Transportasi Air, Klotok, Pendapatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI