DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK KELAS VIII
PENGARANG:MUSTIKA NUR OKTAVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-10


Media pembelajaran berbasis web merupakan media yang dapat menyajikan materi pembelajaran yang dapat diakses melalui internet kapan saja dan dimana saja. Media pembelajaran ini dirancang dan dikembangkan secara interaktif dengan komponen multimedia sepertiteks, gambar, audio, dan video. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: (1) mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan metode demonstrasi untuk kelas VIII. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan metode demonstrasi untuk kelas VIII ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Metode penelitian dalam pengembangan ini yaitu metode Penelitian dan Pengembangan (research & development) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian media pembelajaran ini menggunakan subjek sebanyak 21 orang peserta didik dan 1 orang guru MTs Negeri 2 Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar. Sedangkan, instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi  materi dan media, soal tes hasil belajar, serta lembar respon pengguna. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem pencernaan manusia menggunakan metode demonstasi ini di buat dengan menggunakan teknologi pemrograman HTML, CSS, Bootstrap, JavaScript, JSON, serta Canva, Filmora, Firebase dan Netlify sebagai penunjang dalam pengembangan media pembelajaran. (2) kelayakan media pembelajaran dapat diketahui dengan hasil uji kevalidan oleh 2 orang pakar materi diperoleh persentase 94,5% dengan kriteria kevalidan sangat tinggi dan 2 orang pakarmedia diperoleh persentase 76,3% dengan kriteria kevalidan sangat tinggi. Hasil respon pengguna diperoleh dari peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria praktis. Hasil belajar peserta didik diperoleh peningkatan dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,55 dengan kategori Sedang/Efektif. Sehingga media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak karena memenuhi keriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

 


Kata Kunci
:
Media Pembelajaran, Web, Demonstrasi, Sistem Pencernaan Manusia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI