DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA OLEH BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PENGARANG:JOKO SUTRISNO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-12


ABSTRAK

 

Joko Sutrisno. 2021. Strategi Peningkatan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banjar. Andi Tenri Sompa; Ahmad Yunani.

 

Martapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat profesionalisme ASN, faktor yang mempengaruhi profesionalisme ASN, faktor yang menghambat profesionalisme ASN dan strategi peningkatan profesionalisme ASN oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banjar.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi, yaitu mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif

Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling yaitu Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, Inspektur dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.  Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Banjar, khususnya Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.  Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa ASN di Kabupaten Banjar masih memiliki tingkat professional yang rendah, diukur berdasarkan 4 (empat) dimensi yaitu kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin. 

Faktor yang mempengaruhi tingkat professional itu adalah kualifikasi yang tidak sesuai kebutuhan, kompetensi tidak sesuai jabatan, pengembangan kompetensi yang kurang dan kinerja yang belum optimal.  Faktor yang menghambat terwujudanya profesionalisme ASN adalah belum adanya analisis jabatan, ASN yang belum memahami tugas dan fungsi jabatan yang didudukinya, belum ada pengukuran kompetensi, pengembangan kompetensi tidak sesuai kebutuhan, terbatasnya anggaran, kompensasi belum berkeadilan, belum ada keadilan penegakan aturan, motivasi ASN rendah dan kurangnya responsibilitas pegawai untuk menjadi professional.  Peningkatan penerapan peraturan perundang-undangan ASN dan peningkatan pemanfaatan aplikasi system informasi kepegawaian oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

 

Kata kunci: Strategi dan Aparatur Sipil Negara

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI