DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMANFAATAN E-LEARNING DI LINGKUNGAN BELAJAR (RUMAH) GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 | |
PENGARANG | : | NURUNNAJMI AZIZAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-02-13 |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemanfaatan e-learning di lingkungan belajar (rumah) terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian menggunakan populasi kelas XI IPA, XI dan XII IPS MAN 2 Model Banjarmasin dengan total 194 siswa. sampel yang digunakan adalah probability sampling; Proportionate stratified random sampling yaitu sebanyak 111 siswa dari populasi. Instrumen penelitian berupa Kuisioner sebanyak 39 pernyataan yang telah memenuhi uji validitas dengan KMO = 0,808, =0,699, dan Y = 0,840. Uji reliabilitas = 0,767, = 0,690, dan Y = 0,825. Data berdistribusi normal yakni sebesar 0,200>0,05. Uji linearitas Y adalah F=6,63, Y adalah F=50,141 dengan p<0,05. Pemanfaatan e-learning oleh siswa dikategorikan sedang dengan presentase 73,9%. Lingkungan belajar siswa dikategorikan sedang dengan presentase 58,6%. Motivasi belajar dikategorikan tinggi dengan presentase 75,68%. Teknik uji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda dengan regresi sebesar 22,733 dengan P<0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan E-learning dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan indeks korelasi bersama yang diperoleh yaitu = 0,544, koefisien determinasi = 0,296, sehingga Ha diterima.
Kata kunci : E-learning, Lingkungan belajar (Rumah), Motivasi Belajar
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI