DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser
PENGARANG:SYARIF FADILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-14


Syarif Fadillah 1710413310042 “Efektivitas Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser”, dibawah bimbingan Husein Abdurrahman

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas layanan jemput bola administrasi kependudukan dalam ikut serta masyarakat terhadap kebijakan yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini informan penelitian di tentukan dengan teknik pengumpulan data. Penggabungan tiga teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian efektivitas layanan jemput bola administrasi perlu adanya dukungan dari semua pihak memiliki kewengan dan mengetahui adanya informasi pelayanan jemput bola. Penting adanya informasi dan identifikasi yang melibatkan masyarakat di lingkungan sekitar. Setiap layanan yang diberikan perlu adanya arahan, bimbingan, identifikasi, dukungan, menambah anggota dan memperpanjang waktu proses penyebaran informasi guna meningkatkan jumlah masyarakat yang ingin melakukan pelayanan.

Berdasarkan hal tersebut, maka diharapkan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar lebih luas lagi dalam menyampaikan informasi dalam memberdayakan organisasi masyarakat, organisai pemuda, hingga orang yang memiliki kedudukan di tiap wilayah agar dapat meningkatkan efektivitas masyarakat sehingga dapat mempermudah melakukan pelayanan yang diberikan dan menjadi lebihefektif.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Layanan, Jemput Bola, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Paser

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI