DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 31 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | DESI RAHMAWATI RAMADANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-02-14 |
ABSTRAK
Ramadana, Desi Rahmawati. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa SMPN 31 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendidikan Jurusan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Jumadi, M. Pd.; (II) Faradina, M. Pd.
Kata kunci : media gambar, kemampuan menulis, teks prosedur
Penelitian ini berdasarkan fakta yang ada di lapangan, sebagian siswa SMPN 31 Banjarmasin mengalami kesulitan dalam menyusun sebuah karya tulis, khususnya teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam menulis teks prosedur. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen, berupa penerapan media gambar dalam menulis teks prosedur bagi peserta didik. Prosedur penelitian ini berupa pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMPN 31 Banjarmasin, dengan Kelas VIIF dan VIIG sebagai kelas sampel.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis, angket, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif-kuantitatif. Penelitian tersebut dilakukan dengan pemberian pre test dan post test untuk memperoleh pengaruh penggunaan media gambar dalam menulis teks prosedur. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, media gambar dinyatakan memiliki pengaruh dengan presentase nilai thitung yaitu 13,43 dan ttabel 2,179. Dengan demikian, penggunaan media gambar dalam menulis teks prosedur memberikan hasil yang lebih baik
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI