DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Materi Ajar Elektronik Berbasis Articulate Storyline pada Materi Gerak Harmonik Sederhana untuk Melatihkan Literasi Digital
PENGARANG:SULASTRI WULAN DARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-15


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi kemampuan literasi digital peserta didik yang sangat kurang. Oleh sebab itu, literasi digital perlu dilatihkan secara menyeluruh dalam suatu materi ajar elektronik berbasis articulate storyline. Tujuan khusus dari penelitian ini yakni mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar elektronik berbasis articulate storyline yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang diperoleh diantaranya menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan angket ketercapaian literasi digital. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas materi ajar elektronik dengan rata-rata 3,28 dengan kategori baik; 2) kepraktisan materi ajar elektronik dengan rata-rata 2,93 dengan kategori baik; 3) efektivitas materi ajar elektronik berdasarkan hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nilai ≥70 dengan kategori tuntas. Adapun pada ketercapaian literasi digital memperoleh rata-rata nilai 62,56 dengan kategori cukup. Dengan demikian, materi ajar elektronik berbasis articulate storyline pada materi gerak harmonik sederhana untuk melatihkan literasi digital layak digunakan dalam pembelajaran.  

Kata Kunci: Materi ajar elektronik, Literasi digital, Articulate storyline 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI