DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Interaktif Berbasis Sway untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan dan Self-efficacy Peserta Didik pada Materi Stoikiometri di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin
PENGARANG:SITI NOR LAILY HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-16


 

Telah dilakukan pengembangan media pembelajaran kimia interaktif berbasis sway untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan self-efficacy peserta didik pada materi stoikiometridi kelas X MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model 4D yang termodifikasi menjadi 3D dengan subjek penelitian peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021. Sebagai sampel pada uji coba perorangan melibatkan 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil melibatkan 8 orang peserta didik, dan uji coba terbatas melibatkan 2 kelas yang terdiri dari 70 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon, dan instrumen tes hasil belajar pengetahuan. Hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid. Keterbacaan media pembelajaran pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil termasuk kategori baik, respon peserta didik pada uji coba terbatas termasuk kategori baik, pendidik menggunakan media pembelajaran dan mengelola proses pembelajaran termasuk kategori baik dan sangat baik. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil belajar pengetahuan dan self-efficacy peserta didik pada uji coba terbatas berdasarkan N-gain tergolong sedang dan tinggi, artinya media pembelajaran efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia stoikiometri.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI