DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU MELALUI DANA DESA DI DESA KARANG INDAH KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MAULIDA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-17


ABSTRAK

 

 

MAULIDA HAYATI. 2021. Efektivitas pemberdayaan kader posyandu melalui dana desa didesaKarangIndahkecamatanAngsanakabupatenTanahBumbu.Pembimbing:MuhammadRiduansyah Syafari;Ahmad Yunani.

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk melihat tingkat efektivitas pelayanan Kesehatan melaluiposyandu merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu daerah. Oleh karena itu, pentinguntukmelakukanpemberdayaankaderposyandumelaluipemanfaatandanadesademimeningatkan kualitas kader dan juga pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan didesa Karang Indah kecamatan Angsana kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian dilakukan denganmenggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan databerupa pengamatan, wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait data-data sekunder untukmendukung penelitianini.

HasilpenelitianmenunjukkantingkatefektivitaspemberdayaankaderdalamprogramPosyandu melalui dana desa yang sudah dilakukan dan belum terlaksana dengan baik karenaperan kader yang tidak sesuai dengan kewajibannya sebagai petugas kader posyandu, beberapakader posyandu kurang dalamkedisiplinannyauntuk melaksanakankewajibannya,termasukkader yang kurang aktif dan juga kurangnya jumlah kader dalam pelaksanaan program posyanduyang dilaksanakandiposyandu.

Faktorpenghambatkaderposyandudalammeningkatkankesejahteraankhususnyakesehatan ibu dan anak di desa Karang Indah kecamatan Angsana kabupaten Tanah Bumbuantara lain, pertama dilihat dari segi SDM seperti Jumlah kader posyandu yang tidak memadai,kurangpemahamantentangpelayanan(sosialisasi,penyuluhandanpendampingan).Kedua,kurangnyaperangkatpenunjangkegiatankader,seperti,sistempendataanyangkurangmaksimal, perangkat pedoman dan panduan pelaksanaan posyandu bagi kader tidak tersedia.Ketiga, dilihat dari sisi penyelenggaraan seperti kurangnya koordinasi kader posyandu, sertakurangnya ketersediaan anggaranserta tingkatkesadaran masyarakat.

 

KataKunci:efektivitas,kaderposyandu,pelayanan, danadesa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI