DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN POLRI DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN VAKSINASI COVID 19: STUDI TENTANG VAKSINASI PRESISI POLRI PEDULI DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III BANJARMASIN
PENGARANG:HASNILAWATI K
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-17


ABSTRAK

 

 

Hasnilawati Kulle, 2021. Peran Polri Dalam Implementasi Kebijakan VaksinasiCovid19:StudiTentangVaksinasiPresisiPolriPeduliDiRumahSakitBhayangkaraTkIIIBanjarmasin.Tesis,ProgramStudiMagisterStudiPembangunan (MSP) Universitas Lambung Mangkurat. Ahmad Alim Bachri sebagaiPembimbingIdanAndi TenriSompasebagaiPembimbingII.

KataKunci:PolisiRepublikIndonesia,ImplementasiKebijakan,Vaksin Covid19,VaksinasiPresisi Polri Peduli, Pandemi.

TujuanpenelitianiniadalahmenganalisisperanPolridalamimplementasikebijakan vaksinasi COVID-19 presisi Polri peduli di rumah sakit Bhayangkara TK IIIBanjarmasindanmenganalisisfaktorpendukungdanpenghambatimplementasikebijakan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin. Penelitianini menggunakanpendekatan kualitatif, dengan dasarpenelitian studi kasus,yaitupenelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatumasalah yang menjadi objek penelitian. Penelitian ini merupakan studi kasus tentangkebijakan vaksinasi COVID-19, yang mencakup perumusan kebijakan sampai padaimplementasi pelaksanaan vaksinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PandemiCOVID-19 menuntut respons Polri sebagai aparat penegak hukum dalam memainkanperannyadalamupayapengendalianpenyakit,edukasikepadamasyarakat,danpenindakantindakkejahatanyangmelihatwabahsebagaikesempatanuntukmelakukan berbagai tindak kejahatan. Setidaknya terdapat tiga peran penting Polri dimasa pandemi COVID-19. Pertama, dalam kaitannya dengan penyebaran penyakit,Polrimemilikiperankuncidalampenerapanprotokolkesehatan.HalinimenjaditantanganbagiPolriuntukmemastikanprotokolkesehatandapatditerapkandimasyarakat. Kedua, dalam kaitannya dengan penegakan hukum, Polri memiliki perankunci dalam mencegah dan menindak tindak kejahatan tertentu yang timbul pada masapandemi. Hal ini mengingat tren angka kriminalitas yang semakin meningkat padamasapandemi.Ketiga,peranpolridalammendukungkegiatanvaksinasimelaluiprogramvaksinasipresisiPolripeduli,baikdalamaspekpengamananvaksin,pelaksanaan vaksin maupun strategi sosialisasi vaksin. Faktor pendukung keberhasilandalampelaksanaanvaksinasipresisiPolripeduliadalahupayasosialisasiyangmelibatkan semua stakeholder termasuk Polda Kalsel dinilai sangat efektif. Selain itujugadidukungolehinfrastrukturdanSDMPolridiseluruhwilayahKalimantanSelatan.NamuntentupelaksanaanimplementasikebijakanvaksinasidiRSBhayangkaraBanjarmasinjugaterdapatbeberapakendalayaknikepastiankuotaketersediaan vaksin.Halini dikarenakanalokasijumlah vaksin masih diaturolehpemerintahpusat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI