DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBINAAN NILAI DISIPLIN PADA ANAK PANTI ASUHAN AL-IHSAN MUHAMMADIYAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AYISHA DINDA FILEASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-17


ABSTRAK

 

Fileasari, Ayisha Dinda. 2021. Pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin. Skripsi  Program  Studi  Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaran, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Hj Fatimah, Pembimbing (II) Mariatul Kiptiah

 

Kata Kunci   :   nilai disiplin, pembinaan.

 

Nilai disiplin merupakan suatu perubahan tingkah laku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan-aturan, tata tertib, norma-norma yang berlaku, baik tertulis maupun yang tidak tertulis dan menjauhi larangan yang sudah  ditetapkan  dalam  suatu  kelompok  dan  terjadinya  disiplin  itupun  dapat timbul dari dalam diri sendiri ataupun dari orang lain/luar. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembiasaan (habituasi), kegiatan ekstrakulikuler dan kendala dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  1)  Proses  pembiasaan  (habituasi) dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin adalah Pengasuh merupakan orang yang paling banyak terlibat interaksi dengan anak asuh, sehingga proses pembiasaan dalam pembinaan diberikan dengan cara metode penanaman nilai displin dalam kehidupan oleh orang yang mengasuh. 2) Kegiataan ekstrakulikuler dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah ini terdiri dari kegiatan Tapak suci dan Futsal. Bentuk nilai disiplin yang didapat melalui kegiatan ragam ekstrakulikuler tersebut diantaranya: menghargai waktu, mendisplinkan diri dan memiliki rasa kompetitif. 3) Kendala-kendala dalam pembinaan nilai disiplin pada anak panti asuhan Al-Ihsan Muhammadiyah Kota Banjarmasin yaitu adanya perbedaan cara pandang setiap anak dalam melihat berbagai keadaan, secara singkat beberapa anak asuh mudah untuk diarahkan dan beberapa lainnya sangat sulit untuk diarahkan. Hal ini terjadi dikarenakan mereka berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda yang mengakibatkan timbulnya perbedaan cara pandang anak asuh.

Saran  dalam  penelitian  ini  yaitu  agar  panti  asuhan  Al-Ihsan Muhammadiyah  Kota  Bajarmasin  memberikan  pola  kedisiplinan  yang  teratur guna menjadikan anak panti memiliki keperibadian, serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI