DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER PMR (PALANG MERAH REMAJA) DI SMAN BANUA KALIMANTAN SELATAN BILINGUAL BOARDING SCHOOL SEBAGAI NILAI KARAKTER
PENGARANG:AKNIFAR MAWADDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-17


Mawaddah, Aknifar. 2022. Aktivitas Ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) di SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School Sebagai Nilai Karakter. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Pembentukan nilai karakter pada peserta didik bisa dibentuk melalui berbagai aktivitas di sekolah salah satunya aktivitas ekstrakurikuler PMR. Berbagai aktivitas ekstrakurikuler PMR mengandung beberapa nilai karakter. Nilai karakter dalam aktivitas ekstrakurikuler PMR dapat menjadikan peserta didik SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School yang berkarakter. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan profil SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School, 2) Mendeskripsikan aktivitas ekstrakurikuler PMR di SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School, 3) Mendeskripsikan nilai karakter pada aktivitas ekstrakurikuler PMR di SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School.

Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi di lingkungan SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School, wawancara dengan guru, pelatih ekstrakurikuler PMR dan peserta didik, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School adalah sekolah nasional plus bilingual dan asrama yang menggunakan bahasa inggris dan bahasa Indonesia sebagai pengantar serta mempunyai prestasi lomba-lomba akademik dan non akademik 2) Aktivitas ekstrakurikuler di SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School sebagai tempat memperluas wawasan, mengembangkan potensi minat dan bakat yang dimiliki peserta didik dalam dirinya. 3) Penanaman nilai karakter pada peserta didik bisa dibentuk melalui aktivitas ekstrakurikuler PMR yaitu pemaparan materi/teori, latihan/praktik, serta diskusi/evaluasi.

Simpulan dari penelitian ini adalah SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School memiliki ekstrakurikuler yang mempunyai nilai karakter di dalamnya seperti ekstrakurikuler PMR yang di dalam aktivitas tersebut terdapat nilai kerjasama, nilai peduli lingkungan, nilai tanggung jawab, nilai peduli sosial, dan nilai disiplin yang dapat dilihat dari pemaparan materi/teori, latihan/praktik, serta diskusi/evaluasi yang dapat membuat peserta didik SMAN BANUA Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School yang berkarakter.

Kata Kunci: Boarding School, ekstrakurikuler PMR, dan nilai karakter.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI