DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:USNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-18


Khatimah, Usnul. 2022. Pemanfaatan Museum Lambung Mangkurat Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Museum Lambung Mangkurat merupakan Museum sejarah yang menyimpan koleksi peninggalan warisan budaya banjar Kalimantan Selatan. Memanfaatkan lingkungan untuk sumber belajar dalam proses belajar mengajar IPS sangat penting, karena lingkungan adalah sumber yang sangat kaya untuk bahan ajar anak. Pada sebuah museum terdapat berbagai koleksi yang bisa dipelajari sejarahnya sehingga pemanfaatan museum dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan profil Museum Lambung Mangkurat di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. 2) Mendeskripsikan koleksi Museum Lambung Mangkurat di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. 3) Mendeskripsikan koleksi Museum Lambung Mangkurat di kota Banjarbaru Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi di lingkungan museum lambung mangkurat, wawancara dengan kepala museum, fungsional pamong budaya, pengunjung museum, dan guru IPS, serta dokumentasi dan diperoleh berupa foto koleksi museum lambung mangkurat dokumen profil museum lambung mangkurat. Analisis data menggunakan Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru merupakan museum terbesar di Kalimantan Selatan yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan warisan budaya Banjar. Bentuk Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru menyerupai rumah bubungan tinggi rumah khas Banjar Kalimantan Selatan. 2) Koleksi Museum Lambung Mangkurat berdasarkan tujuh unsur kebudayaan ada rumah adat Banjar, pakaian adat Banjar, kesenian adat Banjar, peralatan hidup dan teknologi, transportasi sungai, dan religi. 3) Koleksi Museum Lambung Mangkurat dapat dijadikan contoh fakta langsung sebagai sumber belajar IPS dengan melihat kompetensi dasar dan kesesuaiannya dengan materi IPS.

Simpulan dari penelitian ini adalah Museum Lambung Mangkurat menyimpan berbagai peninggalan warisan budaya Banjar, terdapat berbagai koleksi di dalam museum yang bisa dipelajari sehingga pemanfaatan museum dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Koleksi museum dapat dijadikan sumber belajar melalui analisis materinya yaitu Dinamika Kependudukan Indonesia Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi, dan Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Paraaksara Hindu-Buddha, dan Islam.

Kata Kunci: Pemanfaatan, Museum, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI