DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KORELASI ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PERILAKU BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIM
PENGARANG:Akhmad Rizali
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-21


AkhmadRizali. 2021. Korelasi antara Komunikasi Interpersonal dan Penyesuaian Diri Terhadap Perilaku Bullying verbal Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Skripsi, ProgramStudi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing (I) Dr. Ali Rachman.M.Pd., (II) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal,  Penyesuaian Diri,  Perilaku Bullying verbal  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri terhadap perilaku Bullying verbal Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin.

Meetode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin sebanyak 215 orang dengan Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel sebanyak 141 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi, uji F.

Berdasarkan hasil analisis bahwa komunikasi interpersonal dengan anak yang perilaku bullying verbal dengan nilai korelasi yaitu 0.607 termasuk berkorelasi positif dengan hasil taraf signifikan yaitu 0.000 < 0.05. Hasil uji korelasi diketahui bahwa penyesuaian diri dengan anak yang perilaku bullying verbal dengan nilai korelasi yaitu 0.921 termasuk berkorelasi kuat karena uji korelasi menunjukkan antara dengan dari 08.00-09 termasuk dalam korelasi kuat. Sementara dari hasil taraf signifikan yaitu 0.000 < 0.0.Hasil uji r square tersebut menunjukkan besaran dari korelasi variable penyesuaian diri dan komunikasi interpersonal dengan siswa yang perilaku bullying verbal di X di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Berdasarkan table diatas nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0.936 dan nilai adjustment R Square sebesar 0.877 yang besarnya sumbangan korelasi variable independen terhadap variable dependen adalah 87.7%. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI