DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) PERIODE 2016-2020
PENGARANG:SULISTIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-21


ABSTRAK

Sulistiyana, 1710412220025, 2021, Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah yang terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2016-2020. Dibawah bimbingan Sugiharto.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh signifikan secara parsial dan simultan Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah yang terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2016-2020.

Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian bersifat Eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 11 sampel laporan keuangan Bank Umum Syariah dengan periode pengamatan 5 periode sehingga total sampel menjadi 55 sampel. Teknik pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear  berganda dengan SPSS Versi 25.0.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Capital Adiquacy Ratio (CAR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,645 > 0,05 dan nilai sumbangan efektif 1,61%. Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,027 < 0,05  dan nilai sumbangan efektif 6,97%. Non Performing Financing (NPF) secara parsial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0, 000 < 0,05 dan nilai sumbangan efektif 37,01%. Capital Adequancy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Non Perfoming Financing (NPF) secara simultan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai sumbangan efektif 45,6% dengan tingkat hubungan kuat.

 

 

Kata Kunci : Capital Adiquacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF) dan Return On Asset (ROA).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI