DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM TERPADU PETAK BATUAH DALAM PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI DESA PETAK BATUAH KECAMATAN DADAHUP KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:AKHMAD MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-22


Belakangan ini berbagai kasus kekerasan, pelecehan, penganiayaan dan kasus kriminal lainnya banyak terjadi dan menjadi permasalahan pada zaman sekarang. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pembinaan sikap, moral dan akhlak keagamaan atau pendidikan karakter. Keberadaan Sekolah Islam Terpadu menjadi salah satu jawaban dalam membimbing, mendidik dan memperbaiki akhlak anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya SD Swasta IT Petak Batuah, sistem pengelolaan kurikulum yang diterapkan, bentuk pendidikan agama Islam yang diajarkan, dan peran SD Swasta IT Petak Batuah dalam pendidikan keagamaan di Desa Petak Batuah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Untuk memperoleh data, penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) berdirinya SD Swasta IT Petak Batuah dalam rangka mendirikan sekolah dengan berbasis keagamaan (agama Islam), sekolah sebagai tempat untuk mengajarkan serta memperdalam ajaran agama Islam. 2) Dalam proses pembelajaran SD Swasta IT Petak Batuah menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) pendidikan agama Islam. 3) Bentuk pendidikan agama Islam diajarkan melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, serta bentuk kegiatan yang meliputi do’a bersama, salat dhuha berjamaah, yasin dan tahlil, membaca juz amma, hafalan surah-surah pendek, nonton bersama satu hari, dan jam tambahan. 4) SD Swasta IT Petak Batuah berperan dalam pembentukan karakter, moral dan akhlak peserta didik sesuai ajaran Islam, sehingga tercipta generasi muda Islam yang berwawasan luas serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Kesimpulan penelitian ini bahwa SD Swasta IT Petak Batuah memiliki peran dalam membentuk moral dan akhlak siswa lewat pengajaran pendidikan agama Islam dan bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI