DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA/Sederajat Pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan
PENGARANG:MUHAMMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-22


Judul dalam penelitian ini adalah “Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA/Sederajat Pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan yang ditemukan peneliti dalam buku teks Geografi. Kesalahan yang ditemukan peneliti diantaranya kesalahan tata bahasa, penulisan materi, dan fungsi media gambar. Kesalahan seperti ini dapat menyebabkan kesalahan penerimaan pesan yang didapatkan oleh pembaca buku teks. Sehingga diperlukan penelaahan lebih lanjut terhadap buku teks Geografi yang dijadikan sebagai sumber belajar. Dalam penelaahan buku teks, penilaian kelayakannya telah dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Berdasarkan standar yang telah ditetapkan BSNP, terdapat empat aspek kelayakan yang harus dipenuhi oleh suatu buku teks. Keempat aspek kelayakan tersebut yaitu, kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Fokus penelitian ini yaitu penelaahan pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan yang terdapat pada buku teks Geografi kelas XI SMA/Sederajat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan pada materi yang menjadi fokus penelitian.

Populasi pada penelitian ini yaitu buku teks Geografi yang digunakan di SMA/Sederajat di Kota Banjarmasin. Teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan Purposive Sampling dengan pertimbangan buku teks Geografi tersebut paling banyak digunakan di sekolah tingkat SMA/sederajat di Kota Banjarmasin. Buku yang menjadi sampel penelitian ini yaitu buku teks Geografi Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan, karangan Yasinto Sindhu Priastomo, terbitan Erlangga. Data diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi, yaitu menganalisis dokumen yang berupa satu materi dari buku teks yang menjadi sampel penelitian. Penilaian berpedoman pada instrumen penilaian kelayakan buku teks berdasarkan standar BSNP. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif.

Hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa materi yang dianalisis termasuk dalam kriteria layak. Berdasarkan aspek kelayakan isi, materi yang diteliti termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 73,11%. Tingkat kelayakan penyajian termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 79,83%. Tingkat kelayakan kebahasaan termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 80,95%. Tingkat kelayakan kegrafikan termasuk dalam kriteria layak dengan persentase 84,42%.

Kata Kunci: kelayakan, buku teks Geografi, standar BSNP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI