DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODEL PERSEDIAAN EOQ DENGAN KERUSAKAN BARANG BERGANTUNG WAKTU DAN PERUBAHAN PERMINTAAN TIPE RAMP MENGAKIBATKAN KEKURANGAN
PENGARANG:M. Kholil Ansari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-22


ABSTRAK

MODEL PERSEDIAAN EOQ DENGAN KERUSAKAN BARANG BERGANTUNG WAKTU DAN PERUBAHAN PERMINTAAN TIPE RAMP MENGAKIBATKAN KEKURANGAN (Oleh: M. Kholil Ansari; Pembimbing: Pardi Affandi, Fuad Muhajirin Farid, 2021; 45 halaman)

 

Pengelolaan persediaan yang baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan ataupun pengecer untuk menjalankan bisnis mereka agar tetap berjalan lancar. Terdapat berbagai macam masalah persediaan yang perlu diselesaikan dalam pengelolaan persediaan diantaranya yaitu adanya kerusakan barang selama proses penyimpanan dan permintaan pelanggan yang berubah. Permasalahan persediaan ini dapat dimodelkan menggunakan pemodelan matematika. Skripsi ini menampilkan model persediaan dengan kerusakan barang yang bergantung terhadap waktu dan perubahan permintaan tipe ramp yang mengakibatkan kekurangan. Kekurangan akan dibiarkan terjadi dalam siklus persediaan dan tertumpuk sepenuhnya. Model yang digunakan merupakan model Economic Order Quantity (EOQ). Terdapat tiga model persediaan yang dikembangkan dalam skripsi ini. Tingkat kerusakan barang yang bergantung terhadap waktu diindikasikan dengan distribusi Weibull tiga parameter. Permintaan yang terjadi merupakan permintaan tipe ramp yang bervariasi dengan waktu hingga suatu titik tertentu dan kemudian akan menjadi konstan atau yang disebut dengan tingkat permintaan tipe ramp fungsi waktu. Tujuan dari skripsi ini adalah membentuk model persediaan beserta solusinya, menentukan formulasi biaya total persediaan, menentukan formulasi biaya total optimum persediaan, dan membuat contoh numerik beserta analisis sensitivitas dari contoh numerik. Hasil dari skripsi ini adalah terbentuknya tiga model persediaan beserta solusinya. Kemudian solusi model persediaan tersebut digunakan untuk menentukan formulasi biaya total rata-rata persediaan dimana biaya total rata-rata persediaan terdiri dari biaya pemesanan, biaya kerusakan, biaya penyimpanan, dan biaya kekurangan. Selanjutnya formulasi biaya total rata-rata optimal ditentukan berdasarkan biaya total rata-rata persediaan. Contoh numerik disediakan untuk mensimulasikan solusi yang telah didapatkan dan analisis sensitivitas dilakukan untuk menentukan seberapa besar pengaruh parameter-parameter jika terjadi perubahan terhadap solusi optimal.

Kata Kunci: Model EOQ, kerusakan barang bergantung waktu, permintaan tipe ramp

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI