DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MAN 1 BANJARMASIN DALAM PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN LKPD-ELEKTRONIK
PENGARANG:Deby Rahmadayanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-22


Dunia pendidikan pada Abad ke-21 dituntut menghasilkan generasi yang terampil dalam menerapkan teknologi dan mampu berpikir kritis. LKPD-elektronikyang memuat indikator keterampilan berpikir kritis merupakan inovasi perangkat pembelajaran dari LKPD yang semula berbentuk cetak menjadi berbentuk elektronik. LKPD-elektronik diharapkan dapat menjadi solusi ketika pembelajaran tidak dapat dilakukan tatap muka di kelas akibat pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan LKPD-elektronik  pada sistem peredaran darah terhadap hasil belajar kognitif produk dan hasil belajar kognitif proses. (2) mendeskripsikan kecenderungan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik konsep sistem peredaran darah menggunakanLKPD-elektronik . Data kognitif produk dan kognitif proses menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, pada penelitian kognitif produk dan proses menggunakan peserta didik kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Teknik analisis data kognitif produk dan kognitif proses melalui soal pretest. Data keterampilan berpikir kritis menggunakan penelitian deskriptif.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol. Subjek penelitian keterampilan berpikir kritis adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3. Analisis data untuk keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan deskriptif dengancara memberikan skor. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan LKPD-elektronik  terhadap hasil belajar kognitif produk (sig. 0,000) dan hasil belajar kognitif proses (sig. 0,000), (2) Penggunaan LKPD-elektronik  pada konsep sistem peredaran darah pada keterampilan berpikir kritis peserta didik pada aspek interpretasi, analisis, eksplanasi dikategorisasikan baik, sedangkan pada aspek evaluasi, inferensi dan pengaturan diri dikategorisasikan cukup baik namun tetap mengalami peningkatan selama proses pembelajaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan inovasi terhadap guru dalam penggunaan LKPD-elektronik  dengan liveworksheets terutama dalam pembelajaran daring sehingga dapat memotivasi peserta didik dan untuk penelitian selanjutnya agar memperhatikan faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI