DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGAWASAN PENYEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:RIRIN AISKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-24


 

ABSTRAK

 

 

 

Ririn Aiska Sari, 1710411320043, 2021. “Pengawasan Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Tabalong”. Di bawah bimbingan Sidderatul Akbar.

 

 

 

Pengawasan Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Tabalong berdasarkan fenomena yang terjadi yakni kurangnya pemeliharaan fasilitas dan pengawasan yang dilakukan instansi terkait di beberapa ruang terbuka hijau yang ada di Kabupaten Tabalong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pengawasan penyediaan ruang terbuka hijau pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Tabalong; 2) Bagaimana kendala pengawasan penyediaan ruang terbuka hijau pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Tabalong.

 

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ada tiga proses yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan verifikasi kesimpulan.

 

Berdasarkan hasil penelitian data tentang pengawasan pemerintah kabupaten Tabalong dalam penyediaan ruang terbuka hijau yang kemudian di deskripsikan atau digambarkan secara jelas sebagaimana kenyataan di lapangan. Maka diperoleh beberapa fakta yang menunjukkan bahwa pengawasan RTH di Kabupaten Tabalong perlu ditinjau ulang karena masih banyak fasilitas RTH yang kurang terawat. Observasi di beberapa RTH menjadi bukti nyata kurangnya pengawasan secara menyeluruh khususnya dalam kondisi pandemi COVID-19 yang mana kebijakan penutupan akses RTH masih mengalami beberapa kendala. Masih sulit untuk mengontrol RTH dengan pagar terbuka, khususnya yang terletak di tengah jalan raya dan kepemilikan RTH pribadi juga cukup sulit untuk dilakukan pengawasan. 

 

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk Pemerintah Kabupaten

 

Tabalong khususnya Dinas Lingkungan Hidup lebih pro-aktif menghimbau masyarakat untuk bisa bahu-membahu menjaga fasilitas dan kebersihan umum serta turut membantu agar terciptanya tata kota yang menjadi harapan bersama.

 

 

 

Kata Kunci: Pengawasan, Ruang Terbuka Hijau, COVID-19.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI