DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS BUDAYA UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII
PENGARANG:PUJI SULISTYO NINGTYAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-24


 

Matematika merupakan salah satu  bidang studi yang berperan penting dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan manusia yang berhubungan dengan menghitung pada berbagai masalah. Meskipun penting dipelajari, matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Salah satu upaya untuk membantu siswa memahami konsep matematika adalah menggunakan modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan modul aritmatika sosial berbasis matematika realistik dengan konteks budaya untuk menunjang kemampuan literasi matematis siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian 4D (define, design, develop, dessiminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel D.S., dan Semmel M.I. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu pengembangan (develop). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah instrumen lembar validasi. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dari tiga validator, modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,36. Dengan demikian, dari pengembangan yang dilakukan dihasilkan modul aritmatika sosial berbasis matematika realistik dengan konteks budaya  yang valid untuk menunjang kemampuan literasi matematis siswa.

 

 

 

Kata Kunci : modul, aritmatika sosial, matematika realistik, literasi matematis

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI