DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TANGGUNGJAWAB PEMILIK TRUK TERHADAP SOPIR TRUK YANG MENGAKIBATKAN ORANG LAIN MENINGGAL
PENGARANG:M. SEPTIAN RIZALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-25


TANGGUNG JAWAB PEMILIK TRUK TERHADAP SOPIR TRUK YANG MENGAKIBATKAN ORANG LAIN MENINGGAL

 

Muhammad Septian Rizaldi

 

ABSTRAK

 

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hukum terhadap sopir truk karena kelalaian mengakibatkan korban meninggal dunia. Untuk mengetahuai pelaksanaan perlindungan hukum terhadap sopir truk.

 

Metode penelitian ini  menggunakan penelitian hukum normatif dengan sifat penelitian yang penulis gunakan yaitu bersifat penelitian preskriptif terhadap ketegasan hukum. Bahan hukum yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research). Analisis bahan hukum dalam penulisan ini digunakan data kualitatif. 

 

Hasil penelitian yang telah didapatkan bahwa Pertama:  Hubungan Hukum Antara sopir dan pemilik truk., bahwa hubungan hukum yang jenisnya hubungan kerja yang menimbulkan timbal balik yaitu ada pihak yang memberikan pekerjaan (pengusaha truk) dan ada pihak yang bekerja (sopir truk) untuk si pemberi kerja dengan masing-masing menjalankan hak dan kewajibannya dan mengharap upah atau gaji yang diberikan oleh pemilik usaha. Jadi, hubungan hukum mereka adalah hubungan kerja. Kedua: Perlindungan Hukum yang diberikan oleh pemilik truk kepada sopir secara hukum adalah pihak sopir mendapatkan perlindungan sebagai pekerja, terutama dalam menjalankan usaha yang diberikan pemilik truk tersebut oleh sebab itu pemilik truk juga ikut bertanggung jawab saat sopir truk memiliki masalah yang salah satunya karena terjadinya tabrakan bukan lah seutuhnya menjadi tanggung jawab sopir truk. Dikarenakan pemilik truk mengguanakan jasa orang lain untuk menjalankan usahanya yang dimana usaha tersebut bisa menghasilkan keuntungan bagi pemilik truk itu sendiri.

 

 

Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pemilik Truk, Sopir, Meninggal Dunia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI