DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DUNIA PANGGUNG SENI : BIOGRAFI BAKHTIAR SANDERTA DALAM KONTEKS SENI DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 1939 - 2008
PENGARANG:MUHAMMAD RIFQI ALMIYAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-27


Muhammad Rifqi Almiyawi, 2021. Dunia Panggung Seni : Biografi Bakhtiar Sanderta Dalam Konteks Seni Di Kota Banjarmasin Tahun 1939 – 2008. Pembimbing I Dr. Mohammad Zaenal Arifin Anis, M.Hum. dan Pembimbing II Dr. Syaharuddin, S.Pd., M.A.

 

            Bakhtiar Sanderta merupakan satu satunya seniman yang berasal dari Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang beruntug masuk dalam 27 maestro seni tradisi yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia karena ketekunannya  menjaga, memelihara dan mewariskan teater tradisi Banjar Wayang Gung dan Mamanda. Hal tersebut tak lepas dari perjalan Bakhtiar Sanderta yang mana dari kecil sampai tutup usia beliau merupakan orang yang bergelut di bidang kesenian.

            Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kehidupan masa kecil, remaja, masa dewasa hingga tutup usia. Selain itu mendeskripsikan peranan Bakhtiar Sanderta terhadap kesenian tradisi di Kota Banjarmasin serta mendeskripsikan apa saja karya-karya seni Baktiar Sanderta dan apa saja nilai edukatifnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode sejarah dengan berfokus kepada biografi tokoh. Metode sejarah yang digunakan untuk meneliti kehidupan seseorang dan hubunganya dengan masyarakat dinamakan penelitian biografis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Bakhtiar Sanderta seorang seniman sangat berpengaruh di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin. Lahir pada tanggal 4 Juli 1939 di Awayan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.Bakhtiar Sanderta juga membawa nama Kalimantan Selatan, Batu Gila Tatawa merupakan salah satu karya yang yang disutradari beliau dan dipentaskan pada even Temu Taman Budaya dan Dewan Kesenian seindonesia. Selain itu juga, Bakhtiar Sanderta sering diundang menjadi narasumber, pembicara dan instruktur, serta workshop seni, bahkan karena pengalaman beliau sering menjadi juri dalam berbagai lomba seni. Karya-karya Bakhtiar Sanderta mencakup teater, sastra, tari dan musik. Pada tanggal 6 Maret 2008 Bakhtiar Sanderta menghembuskan nafas terakhirnya dan jasadnya dikubur di TPU Guntung Lua di Kota Banjarbaru.                                                     Sehingga dapat disimpulkan, Bakhtiar Sanderta mempunyai peran penting dalam kesenian tradisi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan maupun Nasional. Bakhtiar Sanderta dari beliau kecil sampai tutup usia beliau tetap mencintai, menjaga dan melestarikan kesenian tradisi Banjar sampai sekarang yang diteruskan oleh anak dan cucu beliau.

Kata kunci : Biografi Bakhtiar Sanderta, Seni, Seniman dan Karya Seni.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI