DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI PARIWISATA KABUPATEN TANAH LAUT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN
PENGARANG:RIRIN PURNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-01


 

ABSTRAK

 

Ririn Purnawati, 161041432003, 2021. “Komunikasi Pariwisata Kabupaten Tanah Laut  Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan”. Dibawah bimbingan Fahrianoor dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

 

 

 

Kabupaten Tanah Laut mempunyai potensi yang cukup besar serta layak dikembangkan baik wisata alam, wisata buatan dan wisata budaya. Peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanah Laut setiap tahunnya mengalami peningkatan,  namun pada tahun 2018-2019 peningkatan kunjungan wisatawan kurang signifikan dibanding pada tahun 2017-2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi pariwisata Kabupaten Tanah Laut  dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi komunikasi pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

 

 

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian terdiri atas informan kunci yaituKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut sedangkan informan pendukung Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Kepala Bidang Destinasi Pariwisata. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

 

 

 

Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan yaitu 1)  periklanan 2) promosi penjualan 3) merchandising 4) event 5) relasi publik 6) komunikasi pemasaran digital. Faktor pendukung Potensi wisata Kabupaten Tanah Laut dan Teknologi sebagai media promosi. Kemudian faktor penghambatan Keterbatasan dana dan infrastruktur, dan Kurang kesadaran masyarakat.

 

 

 

Kata kunci : Komunikasi Pariwisata, Kabupaten Tanah Laut, Kunjungan Wisatawan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI