DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI DESA LOK BATU KECAMATAN BATU MANDI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:HALIMATUS SADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-02


ABSTRAK

Halimatus Sa’diah, Dampak Penggunaan Media Sosial WhatsApp Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat Di Desa Lok Batu Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan (Pembimbing I Khairussalam dan Pembimbing II Arif Rahman Hakim).

Perkembangan zaman sekarang ini teknologi semakin canggih, media sosial WhatsApp sebagai sarana untuk berinteraksi, berbagi informasi, edukasi dan hiburan, sehingga penggunaan media sosial WhatsApp memiliki dampak terhadap penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui penggunaan WhatsApp terhadap interaksi sosial masyarakat Desa Lok Batu Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan. (2) Mengidentifikasi juga memahami dampak positif dan negatif penggunaan WhatsApp masyarakat desa Lok Batu Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Masyarakat di desa Lok Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik Triangulasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwa penggunaan WhatsApp di desa Lok Batu digunakan sebagai alat komunikasi yang memudahkan penggunanya untuk dapat berinteraksi dengan jarak jauh. Melalui berbagai fitur WhatsApp yang tersedia seperti chat grup, panggilan suara, panggilan video, berbagi foto, video dan dokumen. Jika WhatsApp digunakan dengan bijak maka akan memberikan dampak yang positif bagi pengguna WhatsApp, akan tetapi jika disalahgunakan maka akan berdampak negatif bagi pengguna WhatsApp dan masyarakat. Dalam hal ini penulis melihat dampak penggunaan media sosial WhatsApp dari sisi Hubungan Sosial, dan Fungsi media yaitu Fungsi Informasi, Fungsi Edukasi dan Fungsi Entertaiment(Hiburan).  

Kata Kunci : Dampak Sosial, WhatsApp, Interaksi Sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI