DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA AKTIF DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:ALDA INDAH PURNAMASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-02


 

Alda Indah Purnamasari, 1610414320003,”Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Kepuasan Pengguna Aktif Di Kecamatan Banjarmasin Utara”. Dibawah bimbingan Bapak H.Bachruddin Ali Akhmad dan Ibu Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.Skripsi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,2022.

 

 

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan jejaring social Twitter yang sedang fenomenal di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motif penggunaan media Twitter terhadap kepuasan pengguna aktif di Kecamatan Banjarmasin Utara.

 

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dengan menggunakan rumus Ferdinand. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskripsi data dan menggunakan Regresi Linear Sederhana dengan taraf kesalahan 5%.

 

            Hasil penelitian menyatakan pada prolehan nilai signifikan dari penelitian yang menghubungkan antara motif pengguna twitter dengan kepuasan pengguna twitter sebesar 0,000 atau di bawah level of signifikan 5%, membuktikan bahwa hubungan diantara kedua variable GO dan GS berhubungan erat. Akan tetapi penggunaan twitter di kalangan masyarakat Kecamatan Banjarmasin Utara  memang kurang popular sebagai media hiburan yang dibuktikan dengan nilai mean terendah di antara motif pengguna lainnya yang hanya memiliki nilai sebesar -013 atau Gratification Obtained dikatakan lebih kecil dari Gratification Sought. Penggunaan twitter lebih pada refleksi identitas pribadi dengan nilai mean tertinggi yaitu 3,18. Hal ini menyatakan bahwa twitter akan mampu memenuhi kebutuhan media informasi social yang diperlukan bagi kebutuhan informasi pribadi mereka.

 

 

 

Kata kunci: Media, Twitter, Gratification  Obtained, Gratification Sought

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI