DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) PERIKANAN TANGKAP PADA KELURAHAN TUNGKARAN PANGERAN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:LILIK SURYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-02


 

Lilik Suryani. Pemberdayaan Partisipatif  Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap pada Kelurahan Tungkaran Pangeran Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis. Magister Studi Pembangunan. Pembimbing I Setia Budhi, Pembimbng II Andi Tenri Sompa.

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di KUB Tungkaran Pangeran, Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.

 

Proses pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap Pada Kelurahan Tungkaran Pangeran Kabupaten Tanah Bumbu dilaksanakan dalam beberapa kegiatan spesifik yakni penetapan tujuan kelompok, penetapan sasaran, penetapan anggota pengelola KUB, pemenuhan fasilitas sarana prasarana dan proses pendanaan serta penetapan program dan kegiatan.Dari beberapa kegiatan dan proses pemberdayaan tersebut, Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kelurahan Tungkaran Pangeran telah mencapai peningkatan kualitas hidup (skill) dan pendapatan bagi anggotanya. Faktor pendukung kegiatan dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kelurahan Tungkaran Pangeran yaitu adanya kerjasama antara pengelola, anggota, pemasok bahan baku, pasar, pemerintah dan pihak lainnya yang membantu, adanya motivasi dari anggota untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, adanya dorongan dari keluarga anggota. Selain itu, praktik pengelolaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) juga bersifat transparan dan kepercayaan antara pihak-pihak terkait serta permintaan pasar yang banyak.Sementara faktor penghambat pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap di Kelurahan Tungkaran adalah Pertama, modal Kelompok Usaha Bersama (KUB) Di Kelurahan Tungkaran Pangeran yang masih kurang. Kedua, yaitu terbatasnya bahan baku lokal.Ketiga, terkadang ada hubungan kurang baik antar anggota sehingga menimbulkan rasa bosan. Hubungan kurang baik bisa membuat kelompok menjadi tidak kompak yang menyebabkan anggota menjadi tidak betah mengikuti kegiatan di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tungkaran Pangeran. Keempat, yaitu keadaan pasar yang sepi dan banyaknya pesaing. Keadaan pasar juga mempengaruhi kegiatan di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tungkaran Pangeran. Keadaan pasar yang dimaksudkan yaitu pada musim atau bulan tertentu keadaan pasar sepi.

 

 

 

Kata Kunci: Pemberdayaan. Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Usaha Bersama (KUB), Hasil Perikanan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI