DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN BANTARAN SUNGAI DI KELURAHAN ALALAK UTARA BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:SYEVA FAUZIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-03


Syeva Fauziah, 2022. Aktivitas Masyarakat dalam Memanfaatkan Bantaran Sungai di Kelurahan Alalak Utara Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro, (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Bantaran Sungai

 

Sungai memiliki banyak peran untuk masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, menjadikan sungai sebagai wadah untuk melakukan aktivitas dan interaksi masyarakat. Sehingga sungai dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang aktivitas masyarakat dalam memanfaatkan bantaran sungai di Kelurahan Alalak Utara Banjarmasin Utara, yaitu: (1) Gambaran aktivitas masyarakat bantaran sungai, (2) Tujuan aktivitas masyarakat dalam memanfaatkan bantaran sungai.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dipilih secara purposive dengan informan berjumlah delapan orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Gambaran aktivitas masyarakat bantaran sungai, yaitu 1) Aktivitas sosial berupa penggunaan batang, dan gotong royong 2) Aktivitas ekonomi a) usaha kayu galam b) jasa penyebrangan feri (2) Tujuan aktivitas masyarakat dalam memanfaatkan bantaran sungai yaitu 1) Membentuk hubungan sosial yang melalui interaksi sosial 2) Penunjang perekonomian dengan adanya mata pencaharian yang dapat dilakukan di bantaran sungai dan transportasi yang masih digunakan.

            Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Pemerintah agar dapat melihat aktivitas yang dilakukan masyarakat bukan hanya aktivitas yang biasa, tetapi terdapat aktivitas sosial dan ekonomi yang mendasari pemanfaatan lingkungan sungai. (2) Masyarakat agar lebih menumbuhkan suatu hubungan yang baik, sehingga terciptanya suatu hubungan yang harmonis di dalam masyarakat itu sendiri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI