DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN TRANSPORTASI KAPAL TONGKANG BATUBARA DI SUNGAI BARITO OLEH PEMERINTAH KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:HATIFA NITA RADINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-04


ABSTRAK

Hatifa Nita Radini 1710413620025 Manajemen Transportasi Kapal Tongkang Batubara di Sungai Barito oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Pembimbing Safa Muzdalifah, S.IP, M.Hub.Int.

 

      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen transportasi kapal tongkang batubara oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan lalu lintas kapal tongkang seperti kandas, tenggelam dan insiden merusak fasilitas umum di sekitar Sungai Barito.

      Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian atau informasi kunci yaitu Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, informan penunjang yaitu pekerja kapal tongkang dan masyarakat.

      Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil dan kesimpulan sesuai dengan teori manajemen berdasarkan empat aspek, yaitu: pertama dalam hal perencanaan, dilakukan dengan menentukan jadwal, kapasitas muatan kapal tongkang, dan penentuan area parkir. Namun hal tersebut tidak ditemukannya skema kegiatan, koneksi dan sosialisasi. Kedua yaitu  pengorganisasian, dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara meliputi pembagian tugas, pemberian sanksi, pertanggung jawaban perizinan kapal dan kerjasama. Ketiga yaitu pengawasan, dilakukan dengan pendataan menggunakan formulir-formulir, nota-nota yang diterapkan pada saat kapal tongkang memasuki wilayah Barito Utara. Selanjutnya laporan-laporan dan kunjungan-kunjungan yang dilakukan seperti patroli. Keempat yaitu evaluasi, dengan pemantauan jika ada insiden kapal seperti tenggelam langsung dihimbau oleh petugas untuk segera dipindahkan dengan cara ditarik dan menempatkannya ditempat yang aman agar tidak mengganggu aktivitas armada lain dan hambatan-hambatan yang timbul diantisipasi dengan cara menghimbau para pekerja untuk selalu berhati-hati dalam berlayar. Saran untuk perbaikan manajemen transportasi kapal tongkang yang dapat diberikan yaitu terkait optimalisasi manajemen transportasi dengan pembuatan skema kegiatan dan membangun koneksi serta melakukan sosialisasi.

 

Kata Kunci : Manajemen, Transportasi, Pemerintah, Kabupaten Barito 

Utara, Kapal Tongkang, Sungai Barito

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI