DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEPALA DESA DALAM MENANGGULANGI COVID-19 DI KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN ( Komparasi Desa Baruh Kembang Dengan Desa Balah Paikat )
PENGARANG:MAULIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-05


Peran Kepala Desa Dalam Menanggulangi Covid-19 di Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan  ( Komparasi desa Baruh Kembang dengan desa Balah Paikat ). Program Magister Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Lambung Mangkurat. Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Saladin Ghalib dan Pembimbing II Taufik Arbain.

Peran Kepala Desa dalam menanggulangi covid-19 menjadi penting dalam membantu pemerintah Indonesia atau pemerintah pusat kerena desa  merupakan garda terdepan dalam mengontrol penyebaran covid-19. Untuk itu pemerintah mendorong keterlibatan desa dalam penanganan penyebaran virus corona melalui instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 tahun 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala desa dalam menanggulangi covid-19 di kecamatan daha utara kabupaten hulu sungai selatan (Komparasi desa Baruh Kembang dengan desa Balah Paikat ) serta untuk mengetahui factor pendukung dan factor penghambat yang mempengaruhi peran kepala desa dalam menanggulangi covid-19 di kecamatan daha utara kabupaten hulu sungai selatan (Komparasi desa Baruh Kembang dengan desa Balah Paikat ). Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Key informan adalah camat Daha Utara, tokoh masyarakat desa Baruh Kembang, tokoh masyarakat desa Balah Paikat, ketua RT  3 desa Baruh Kembang dan ketua RT 4 desa Balah Paikat. Informan  tambahan adalah masyarakat desa Baruh Kembang, masyarakat desa Balah Paikat,  kepala desa Baruh Kembang, kepala desa Balah Paikat,  ketua satgas covid-19 desa Baruh Kembang dan ketua satgas covid-19 desa Balah Paikat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala desa dalam menanggulangi covid-19 di kecamatan daha utara kabupaten hulu sungai selatan (Komparasi desa Baruh Kembang dengan desa Balah Paikat ) sebagai tokoh utama, pemimpin, penghubung, pemantau, penyebar, juru bicara, kewirausahaan, penyelesai masalah, pengalokasian sumber daya dan negosiator dalam hal melakukan pendataan penduduk rentan, melakukan sosialisasi dan edukasi informasi terkait covid-19, melakukan penyemprotan desinfektan, melakukan pengawasan pasien isolasi dan mobilitas penduduk,  melakukan pendataan logistic, dan penyebaran fasilitas kesehatan baik di desa Baruh Kembang maupun di desa Balah Paikat sudah sangat baik kecuali peran sebagai kewirausahaan masih kurang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI