DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 3 KANDANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD HAPI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-06


ABSTRAK

 

Muhammad Hapi. 2021. Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Masa Pandemi Covid 19di SMA Negeri 3 Kandangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Fatimah, Pembimbing (II) Muhammad Elmy.

 

Kata Kunci: Smartphone, Perilaku Belajar, Masa Pandemi, SMA Negeri 3 Kandangan

 

Penggunaan smartphone sebagai alat untuk mencari informasi yang memiliki kegunaan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran  siswa di sekolah sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap perilaku belajar siswa di masa pandemi sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku belajar siswa di SMA Negeri 3 Kandangan, serta mengetahui dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan smartphone di sekolah SMA Negeri 3 Kandangan.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan dan skunder. Data akan di analisa dengan metode deskriptip kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan smartphone di SMA Negeri 3 Kandangan rata-rata siswa mengunakan smartphone untuk belajar dengan ketentuan peraturan sekolah, smartphone mempermudah siswa untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, tapi terkadang siswa sering main smartphone dan terkadang smartphone di gunakan untuk main sosial media maka dari itu peran sekolah membimbing siswa untuk menggunakan smartphone ke hal-hal positif. Penggunaan smartphone selain mempunyai dampak positif juga memiliki dampak negatif. Dampak positifnya yaitu dapat digunakan sebagai media informasi, komunikasi, dan media pembelajaran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu dapat mempengaruhi perilaku peserta didik, membuat peserta didik malas belajar, mengganggu konsentrasi belajar siswa, dan juga pemborosan.Semua itu akan berpengaruh baik atau buruk kepada siswa tergantung kepada si pemakai smartphone.

Saran dalam penelitian ini adalah sekolah diharapkan dapat memberi kebijakan atas penggunaan smartphone dengan cara saat berada dalam lingkungan sekolah memberi pengawasan kepada seluruh warga di sekolah agar tercipta siswa pintar dan tepat yang menggunakan kemajuan teknologi tetap dengan dasar, nilai-nilai moral bangsa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI