DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG DI KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:HUNAIZAH APERIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-08


Evaluasi kesesuaian lahan adalah proses pendugaan tingkat kesesuaian lahan untuk penggunaan lahan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelas kesesuaian lahan untuk tanaman jagung di Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis menggunakan metode matching yaitu mencocokkan karaktersitik lahan dengan syarat tumbuh tanaman jagung. Data-data karakteristik lahan diperoleh dari data primer seperti hasil observasi lapangan dan analisis uji laboratorium dan data sekunder seperti studi literatur. Populasi pada penelitian ini adalah satuan lahan yang berjumlah 8 satuan lahan. Peta satuan lahan diperoleh dari hasil overlay peta kemiringan lereng, peta bentuk lahan, peta asosiasi tanah, dan peta penggunaan lahan skala 1:100.000. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan luasan tiap satuan lahan, setiap luasan 10 km2 dapat diambil 1 titik sampel.

Hasil penelitian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman jagung di Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut berada pada kelas N1 (tidak sesuai untuk saat ini) dengan luas 118,66 km2 dan kelas N2 (tidak sesuai selamanya) dengan luas 105,44 km2. Faktor pembatas pada lahan yaitu phosfat (P2O5) dan lereng.

Kata Kunci: Evaluasi Kesesuaian Lahan, Tanaman Jagung, Matching

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI