DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Kampung Tangguh Banua Dalam Menanggulangi Covid-19 Di RT 11 Kelurahan Basirih Selatan Kota Banjarmasin
PENGARANG:ETRINASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-09


ABSTRAK

Etrinasari, 1710411620011, 2021, Implementasi Program Kampung Tangguh Banua Dalam Menanggulangi Covid-19 di RT.11 Kelurahan Basirih Selatan Kota Banjarmasin, Dibawah Bimbingan Sidderatul Akbar.

Dalam menghadapi virus Covid-19, Polda Kalimantan Selatan berinovasi membuat program yaitu Kampung Tangguh, salah satu program tersebut di terapkan di RT.11 Kelurahan Basirih Selatan yaitu disebut dengan Kampung Tangguh Banua yang melibatkan masyarakat dalam melakukan pecegahan penyebaran virus covid-19 di daerahnya masing-masing dalam bentuk himbauan kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Program ini dikeluarkan pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan : 1) Implementasi Progam Kampung Tangguh Banua Dalam Menanggulagi Covid-19 di RT.11 Kelurahan Basirih Selatan Kota Banjarmasin; dan 2) faktor-faktor penghambat Implementasi Progam Kampung Tangguh Banua Dalam Menanggulagi Covid-19 di RT.11 Kelurahan Basirih Selatan Kota Banjarmasin

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implentasi Program Kampung Tangguh Banua dalam Menanggulangi Covid-19 di RT.11 Kelurahan Basirih Selatan Kota Banjarmasin sudah berjalan cukup baik namun masih belum optmal. Masih ada beberapa kendala yang menghambat proses implementasi program kampung tangguh banua tersebut. kendala-kendala tersebut diantaranya yaitu : kurangnya partispasi masyarakat dalam kegiatan program; kurangnya peran dari implementor dalam menjalankan program; belum adanya dana khusus dari pemerintah untuk program.

Saran untuk penelitian ini, yaitu :1)penyebarluasan informasi dan sosialisasi mengenai program kampung tangguh banua di RT 11 Kelurahan Basirih Selatan; 2) Diharpkan dapat berpatisipasi dalam kegiatan program kampung tangguh banua; 3) diharapkan agar kedepanya bisa mendapatkan anggaran khusus dari pemerintah untuk menjalankan program.

 

Kata Kunci: Implementasi, Program Kampung Tangguh Banua, Masyarakat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI