DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah
PENGARANG:MARYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-09


ABSTRAK

Maryadi, 1820421310012, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan bimbingan (1) Ahmad Suriansyah dan (2) Andi Tenri Sompa.

Pelayanan yang diberikan belum optimal, pengembangan pegawai pada Kantor Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah belum ada perhatian yang serius dari pimpinan, penempatan pegawai dalam jabatan belum sesuai dengan kompetensinya dan kinerja pegawai belum sesuai harapan sebagaimana target kinerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif sifatnya eksplanatori (kausalitas) dengan metode survei analitik. Populasi sebanyak 490 orang dan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang menggunakan teknik accidental sampling.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang terdiri atas Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Empathy (X5) berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Variabel Assurance (X4) adalah variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah.

Diharapkan adanya suatu standar layanan yang ditetapkan oleh pemerintah yang mengatur tentang keramahan dan kesopanan para pegawai di Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah selama melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik.

Kata Kunci: Assurance, Empathy, Kepuasan Masyarakat, Reliability, Responsiveness, Tangible

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI