DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MODUL DIGITAL BERBASIS CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) KONSEP JAMUR TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
PENGARANG:TIARA AYUNINGTYAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-09


Selama Pandemi Covid 19, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yaitu penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang memanfaatkan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan(1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul digital berbasis CLDW pada konsep jamur pada keterampilan generik sains siswa, (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul digital berbasis CLDW pada konsep jamur pada kemandirian belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan modul digital berbasis CLDW pada pembelajaran materi jamur.Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experimen dengan design The Non-equivalent Control Group Design untuk Kemandirian belajar dan keterampilan generik sains.Sampel penelitian peserta didik  X MIPA 1  berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen dan 38 orang peserta didik kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data keterampilan generik sains dengan unji N-Gain Score dan kemandirian belajar menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Tes.Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penerapan Modul digital CLDW terhadap keterampilan generik sains peserta didik (nlai N-gain Score 56,72%), (2) terdapat pengaruh penerapan modul digital CLDW terhadap kemandirian belajar siswa (Sig.(2-tailed) 0,034), dan (3) respon siswa terhadap penggunaan modul digital berbasis CLDW pada pembelajaran materi jamurdalam kategori setuju (nilai angket 73,11%.). Saran untuk penelitian ini, partisipasi dan respon siswa pada pembelajaran daring kurang maksimal sehingga untuk menanggulanginya perlu dilakukan pembiasaan dan partisipasi aktif antara guru dan siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI