DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SUMBER REJEKI KECAMATAN JUAI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:ISMAIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-09


ABSTRAK

 

 

Ismail, 2021. Efektivitas Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan   Masyarakat di Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai Kabupaten Balangan. Tesis, Program Studi Magister Studi Pembangunan, Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Yusuf Hidayat, S.Sos, M.Si; dan Dr. Ahmad Yunani, SE., M.Si

 

Salah satu masalah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Balangan adalah tingginya angka kemiskinan dan rendahnya nilai Indeks Pembangunan Manusia, Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah strategis dalam upaya mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan dana desa bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menggambarkan dinamika penyusunan anggaran pembangunan desa untuk pemberdayaan masyarakat, 2) menganalisis efektivitas penggunaan dana desa bagi pemberdayaan masyarakat di Desa Sumber Rejeki Kabupaten Balangan, 3) menganalisis peranan dana desa dalam pembentukan tipologi desa dalam mewujudkan SDG’s desa.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan model analisis data  interaktif Miles dan Huberman. Pengujian keabsahan data dengan pengujian kredibilitas melalui trianggulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika yang terjadi dalam penyusunan anggaran pembangunan desa untuk pemberdayaan masyarakat adalah 1) dalam proses perencanaan pembangunan desa, pelaksanaan musyawarah desa dalam menentukan perencanaan pembangunan tidak selalu berjalan lancar, tetapi terkadang juga mengalami kendala dan perdebatan yang sengit terkait penentuan skala prioritas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 2) Pelaksanaan pembangunan desa dilaksanakan sesuai dengan dokumen perencanaan desa dengan melibatkan partisipasi masyarakat, tetapi partisipasi aktif masyarakat bisa berjalan jika terdapat upah kerja. 3) Sebagai bentuk pertanggunggjawaban pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pembangunan, pemerintah desa mempublikasikan laporan pertanggungjawaban dan pembangunan desa. Penggunaan dana desa cukup efektif dalam memberdayakan masyarakat dan sesuai dengan prinsip-prinsip pemberdayaan, tetapi terdapat beberapa kegiatan pemberdayaan yang kurang efektif misalnya program budidaya tanaman sledri. Peranan dana desa dalam mewujudkan SDG’s desa diantaranya upaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan serta ekonomi tumbuh merata, dengan budidaya sapi, sledri, kursus mengemudi, penyertaan modal BUMDesa, program PKTD dan pemberian BLT Dana Desa. Upaya mewujudkan desa peduli kesehatan melalui kegiatan Posyandu, pengadaan air bersih melalui Pamsimas, dukungan menuju ODF dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kata Kunci : Efektivitas, Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI