DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONSTRUKSI PEMBERITAAN MENTERI KESEHATAN TERAWAN AGUS PUTRANTO MENGENAI PENANGANAN COVID-19 DI INDONESIA (Analisis Framing pada media online Okezone.com dan Detik.com pada bulan Februari-Mei 2020)
PENGARANG:ALDY RISWANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-09


Aldy Riswanto, 1710414310005, Konstruksi Pemberitaan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto Mengenai Penanganan Covid-19 Di Indonesia (Analisis Framing pada media online Okezone.com dan Detik.com pada bulan Februari-Mei 2020) . Di bawah bimbingan Fahrianoor dan Noviana Sari.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemberitaan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam penanganan covid-19 di Indonesia yang dilakukan Okezone.com dan Detik.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data-data dalam penelitian ini melalui dokumentasi dan studi literatur. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis framing Zhongdan Pan&Gerald M. Kosicki dengan perangkat framing berupa struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari struktur sintaksis dari kedua media daring terbentuk dengan pola yang hampir sama dengan menekankan pada pernyataan narasumber tentang krisis yang sedang dihadapi. Selain itu, sebagian berita juga memuat opini dari penulis berita. Dari struktur skrip, pemberitaan lebih banyak menekankan pada unsur what dan why. Selain itu, sebagian besar pemberitaan tidak memuat unsur how pada isi artikel berita. Dari struktur tematik, Okezone.com dan Detik.com menitikberatkan pada jawaban-jawaban narasumber yang berkaitan dengan topik berita yang sedang diangkat, dengan menampilkan tema besar berupa penanganan krisis Covid-19 di Indonesia yang dilakukan oleh Menkes Terawan. Dari struktur retoris, pemilihan kata dan gambar digunakan sebagai penunjang isi berita. Pemilihan kata yang dituliskan dari beberapa berita tidak merepresentasikan keseluruhan berita.

Kata Kunci: Analisis Framing, Terawan Agus Putranto, Covid-19, Okezone.com, Detik.com.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI